BELANJA PERALATAN DAN PERLENGKAPAN TAEKWONDO, KLIK DI SINI

Kamis, 29 November 2012

REFRESH POOMSAE (PART 2)

Setelah posting sebelumnya membahas mengenai filosofi taegeuk, kini kita lanjutkan untuk membahas filosofi jurus untuk tingkatan DAN ya kawan-kawan... di mulai dengan....:



1. Koryo
Koryo poomsae melambangkan "seonbae" yang berarti orang terpelajar, yang ditandai dengan spirit / semangat  bela diri yang kuat serta spirit / semangat  orang yang terpelajar. Sprit telah diwariskan selama berabad-abad dari Koryo, Palhae dan turun ke Koryo, yang merupakan latar belakang penyelenggaraan poomsae Koryo. Teknik-teknik baru yang muncul di poomsae ini adalah kodeum-chagi, opeun-sonnal-bakkat-Chigi, sonnal-arae-Makki, khaljaebi-mureup-nullo-kkokki, momtong-hecho-Makki, jumeok-pyojeok-jireugi, pyonson-Kkeut-jecho-jireugi, batang-son-nullo-Makki, palkup-yop-chigi, me-jumeok-arae-pyojeok-Chigi, dll, yang baru diajarkan pada penyandang sabukhitam. Tong-Milgi sogi (kuda-kuda seperti menopang kayu gelondongan) memerlukan konsentrasi mental dengan posisi tangan di antara perut atas dan perut bagian bawah di mana hal ini bermakna "sin" [kekuatan suci] dan "jeong" [semangat/spirit]. Garis/alur poomsae mewakili huruf Cina, yang berarti "seonbae" atau "seonbi", yang dalam bahasa kita diartikan sebagai seorang terpelajar atau kebajikan manusia.


 
2. Keumgang
Keumgang [berarti berlian] memiliki arti "kekerasan" dan "perenungan", Gunung Keumgang di semenanjung Korea, yang dianggap sebagai pusat dari semangat nasional, dan "Keumgang Yeoksa" [Prajurit Keumgang] seperti yang disebutkan oleh Buddha, yang mewakili prajurit terkuat, adalah latar belakang yang mendominsasi poomsae ini. Teknik baru diperkenalkan di poomsae ini adalah batangson-teok-Chigi, han-anak-nal-momtong-an-Makki, Keumgang-Makki, santeoul-Makki, kheun dol-tzogi [engsel besar], dan hak-Dari-seogi. Garis/alur  poomsae adalah simbol dari huruf Tionghoa. Gerakan harus kuat dan seimbang sehingga dinyatakan pantas/layak secara martabat menyandang sabuk hitam.


3.Taebaek
Taebaek adalah nama sebuah gunung dengan arti "gunung yang cerah/bersinar", di mana Tangun, pendiri bangsa orang Korea, memerintah negara, dan gunung yang cerah melambangkan kesucian jiwa dan pikiran Tangun dari "Hongik Ingan" yang bermakna peradaban manusia yang ideal. Ada banyak situs yang dikenal sebagai Taebaek, tapi Gunung Paektu yang telah dikenal sebagai tempat lahirnya orang Korea, adalah latar belakang pemberian nama Taebaek poomsae. Teknik baru diperkenalkan di poomsae ini sonnal-arae-hecho-Makki, sonnal-opeo-japki [meraih/menggapai], japhin-anak-son-ppaegi [menarik keluar pergelangan tangan yang tertangkap], Kumkang-momtong-Makki, deung-jumeok-olgul -bakkat-Chigi, dol-tzeogi [engsel], dll garis/alur poomsae seperti huruf Cina, yang melambangkan jembatan antara surga dan bumi, menandakan manusia mendirikan bangsa atas dasar perintah dari Surga. Gerakan poomsae sebagian besar terdiri dari momtong-makki dan chigi.


4. Pyongwon 
Pyongwon berarti sebuah dataran yang merupakan tanah membentang luas. Ini adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk dan dataran di mana manusia termasuk diantara mahluk yang lain hidup di situ. Pyongwon poomsae didasarkan pada gagasan perdamaian dan perjuangan yang dihasilkan dari prinsip-prinsip dasar kehidupan. Teknik-teknik baru yang diperkenalkan di poomsae ini adalah palkup-ollyo-Chigi, kodureo-olgul-yop-Makki, dangkyo-teok-jireugi, meongye-Chigi, hecho-santeul-Makki, dll jimiiah-seogi adalah moa-seogi-wen-kyop-son [tangan kanan tumpang tindih dengan tangan kiri], gerakan poomsae ini  membutuhkan konsentrasi kekuatan di awal, bermakna juga bahwa konsentrasi merupakan  sumber kehidupan manusia. Garis poomsae berarti asal-usul dan perubahan hamparan dataran/bumi.

5. Sipjin
Kata "Sipjin" berasal dari pikiran 10 mahluk/hal yang berumur panjang, yaitu, matahari, bulan, gunung, air, batu, pohon pinus, ramuan awet muda, kura-kura, rusa, dan jerapah . Mereka adalah 2 benda-benda langit, 3 sumber daya alam, 2 tanaman dan 3 hewan, semuanya memberikan kepada manusia berupa kepercayaan, pengharapan dan kasih sayang. Teknik-teknik baru yang diperkenalkan di poomsae ini adalah hwangso-Makki [tangkisan banteng], son-badak [pohon sawit]-kodureo-Makki, opeun-son-nal-jireugi, son-nal-arae-Makki, bawi-Milgi [mendorong batu] , son-nal-deung-momtong-hecho-Makki, kodeo-olligi [mengangkat], chettari-jireugi [pukulan dengan genggaman seperti katak], son-nal-otkoreo-arae-Makki, son-nal-deung-momtong-Makki , yang membentuk angka10. Makna huruf Cina sepuluh adalah bentuk garis/alur poomsae, yang berarti suatu penomoran yang tak terbatas dari sistem desimal dan bisa dikembangkan dengan tak terbatas pula.

6. Jitae
Kata "Jitae" berarti seorang pria yang berdiri di atas tanah dengan dua kaki, melihat ke langit / menengadah. Seorang pria di bumi merupakan cara berjuang untuk kehidupan manusia, seperti menendang, menghindar dan melompat di atas tanah. Oleh karena itu, poomsae ini melambangkan berbagai aspek yang terjadi dalam perjalanan perjuangan manusia untuk bertahan hidup. Teknik-teknik baru yang diperkenalkan di poomsae ini adalah han-son-nal-olgul-Makki, Keumkang-momtong-jireugi, dan me-jumeok-yop-pyojeok-Chigi saja, dan garis/alur poomsae menandakan seorang pria berdiri di bumi untuk bertumbuh ke arah langit.


7. Chonkwon
Kata "Chonkwon" berarti Surga yang Agung, yang merupakan asal dari semua makhluk dan alam semesta itu sendiri. Kekuasaan dan Kesempurnaan Tuhan yang tak terbatas tersirat pada ciptaan Nya. Manusia menggunakan istilah Surga untuk melambangkan Kekuasan Tuhan sebagai perwujudan tunduknya semua mahluk pada Kekuasaan Tuhan . Lebih dari 4.000 tahun yang lalu, pendiri bangsa Korea, "Hwanin" yang berarti Raja surgawi. Ia menetap di kota "surgawi" sebagai ibukota dekat laut surgawi dan gunung surgawi, di mana orang-orang Han sebagai ras surgawi bertumbuh dengan berlandaskan jalan hidup filosofi Taekwondo. Chunkwon poomsae didasarkan pada sejarah luhur  dan pikiran.
Teknik-teknik baru yang diperkenalkan di poomsae ini adalah nalgae-pyogi [sayap pembukaan], bam-jumeok-sosum-Chigi, hwidullo-Makki [tangkisan berayun], hwidullo-jabadangkigi [seperti berayun dan menggambar], Keumgang-yop-jireugi, Taesan-Milgi, dll, dan cara berjalan berjongkok.

Karakteristik gerakan adalah gerakan yang menggambatkan kebesaran dan bagian lengan membentuk kurva halus, sehingga melambangkan kebesaran pemikiran Chunkwon. Garis poomsae "T" melambangkan seorang pria turun dari langit, tunduk pada kehendak Surga, menjadi daya diberkahi oleh Surga dan menyembah Penguasa Surga (Tuhan), yang berarti kesatuan antara Surga dan manusia.
 


8. Hansu
Kata "Hansu" berarti air,  yang maknanya adalah zat yang bersifat melestarikan kehidupan dan memberikan daya tumbuh kepada semua makhluk. Hansu melambangkan lahirnya kekuatan, kehidupan dan kelembutan, kemurahan hati & harmoni, serta kemampuan beradaptasi. Terutama, "han" memiliki berbagai arti, di antaranya nama sebuah negarakebesaran, keadilan, panjang dan bahkan langit dan cakrawala. Semua makna itulah yang mendasari gerakan poomsae ini.

Teknik-teknik baru yang diperkenalkan di poomsae ini adalah son-nal-deung-momtong-hecho-Makki, aku-jumeok-yang-yopkuri [kedua panggul]-Chigi, kodureo-khaljaebi, an-palmok-arae-pyojeok-Makki, son-nal-Keumgang-Makki, dll, dan juga Modum-bal sebagai kuda-kuda.

Gerakan harus dilakukan dengan lembut seperti air, tetapi terus menerus seperti setetes air berkumpul yang akhirnya membuat lautan. Garis poomsae melambangkan huruf Cina yang berarti air.



9. Ilyeo
Ilyeo berarti pemikiran seorang pendeta Buddha Dinasti Silla yang Agung, Saint Wonhyo, yang dicirikan oleh filosofi kesatuan pikiran [roh] dan tubuh [materi]. Ini mengajarkan bahwa titik, garis atau lingkaran berakhir semua dalam satu. Oleh karena itu, Ilyeo poomsae merupakan harmonisasi dari roh dan tubuh, yang merupakan esensi dari seni bela diri, setelah pelatihan panjang berbagai jenis teknik dan olah spiritual untuk menyelesaikan latihan Taekwondo.
 

Teknik-teknik baru yang diperkenalkan di poomsae ini adalah son-nal-olgul-Makki, wesanteul-yop-chagi, du-son-pyo [membuka dua tangan]-bitureo-jabadangkigi [memutar dan menarik], twio-yop-chagi dan  kuda-kuda ogeum [lutut merapat]-hakdari-seogi. Jimiiah-seogi adalah bo-jumeok-moa-seogi [dipadu dengan-up  jireugi moa-seogi], di mana, sebagai langkah terakhir pelatihan poomsae, dua dibungkus-up tinju ditempatkan di depan dagu, yang memiliki makna penyatuan dan keselarasan, sehingga energi spiritual bisa mengalir bebas ke dalam tubuh serta dua tangan. Garis poomsae melambangkan tanda Buddist [swastika], dalam rangka menghormati kesucian Wonhyo, yang berarti keadaan tidak mementingkan diri sendiri, esensi mendalamnya adalah pelayanan dan harmonisasi.



Ok Taekwondo Lovers...
tuntas sudah uraian filosofi Poomsae, tiada maksud lain saya postingkan di sini selain tujuan bebagi dan menambah wawasan kita tentang Taekwondo.
Semoga bermanfaat.

Kepada para senior, Sabeum, Sabeum Nim dan para Master dan Grand Master..., mohon maaf bila ada yang kurang sesuai ataupun keliru... mohon arahan dan bimbingannya.

Salam

 Untuk lihat atau mau download video poomsae, bisa klik di sini

 
Artikel Terkait

4 komentar:

Anonim mengatakan...

share:
1. di pomse koryo bukan palkup dolyo "chagi" tapi "chigi" dan terjemahan "me" jumeok bukan "aku" jumeuk kan??

JP mengatakan...

Thx Master Anonim atas koreksinya...,
langsung di revisi pada postingan...
niii bukti kalau posting nya di baca...
Terimakasih Master...
BTW sayang gak ninggalin nama...
Salam Hormat...

Anonim mengatakan...

Trims sb.Juli
by.
mr_413x@yahoo.co.id

JP mengatakan...

Sama-sama Mr._413x

TERKINI



TINGGAL DI BALIKPAPAN???? INGIN LATIHAN PRIVAT TAEKWONDO???? HUBUNGI SAYA VIA FB, KLICK DI SINI