BELANJA PERALATAN DAN PERLENGKAPAN TAEKWONDO, KLIK DI SINI

Kamis, 29 November 2012

REFRESH POOMSAE YUK...

Woi Taekwondo lovers Balikpapan..., yang bentar lagi mau UKT DAN di Samarinda...,
17 Desember ya? jadi kan? Insya Allah ketemu di sana nanti kita....
hmmm...., ni pagi-pagi gw udah nongkrong depan laptop..., gara-gara tadi abis senam pagi trus refresh latihan gerakan-gerakan poomsae.... waduh... banyak yang missed nih Bro....

Akhirnya buka-buka lagi deh kitab lama yang udah lumayan berdebu.. hehehe macam pilem kungfu aja ya pake kitab kitab segala..., enggak kok... maksud gw tu putar lagi file video poomsae, dari taegeuk sampe Ilyo...., trus kepikiran deh buat share info buat kawan-kawan yang mau ujian DAN besok Desember, sapa tau ntar ditanya'in ama penguji atau paling nggak ada soal poomsae pas ujian tertulis, atau paling nggak lagi buat nambah pengetahuan deh...

Nah, kali ni saya coba share dulu mengenai arti filosofi dari masing-masing jurus poomsae ya..., besok baru videonya... eh... video Taegeuk kan udah pada punya kan?
Ha??? belum,,,, oke deh, yang belum silahkan cekidot di sini.

Ok, kembali ke Leeep tooooouph...
hehehe..

kita bahas atu'-atu' ya Bro...

Taegeuk 1
Taegeuk 1 Jang merupakan simbol "Keon", salah satu dari 8 Kwaes (tanda-tanda ramalan), yang berarti "surga dan Yang". Sebagai "Keon" melambangkan awal dari penciptaan semua hal di alam semesta, begitu juga dalam latihan taekwondo, taegeuk 1 adalah sebagai awal (jurus pertama). Poomsae ini ditandai dengan kemudahan (mudah dipeajari/dihafal dalam berlatih), sebagian besar terdiri dari gerakan jalan (movng) dan gerakan dasar, seperti arae-Makki, momtong-Makki, momtong-jireugi, dan ap-chagi. Geup kelas 8 diwajibkan menguasai poomsae ini.

Taegeuk 2
Taegeuk 2 Jang melambangkan "Tae", salah satu dari 8 tanda ramalan, yang berarti keteguhan batin dan kelembutan lahir. Sebuah pengenalan tangkisan olgul-Makki merupakan pengembangan baru dari Taegeuk poomsae. Gerakan tendangan Ap-chagi muncul lebih sering daripada di Taegeuk 1 Jang. Geup kelas 7 diwajibkan menguasai poomsae ini.

Taegeuk 3
Taegeuk 3 Jang melambangkan "Ra", salah satu dari 8 tanda ramalan, yang mewakili "panas dan cerah". Hal ini untuk mendorong para taekwondoin untuk memiliki rasa keadilan dan semangat untuk berlatih/belajar. Sebuah prestasi sukses poomsae ini akan memberikan taekwondoin promosi ke sabuk biru. Gerakan baru menebas (sabetan) dengan sonnal-mok-Chigi dan tangkisan sonnal-Makki dan kuda-kuda dwit kubi. Poomsae ini ditandai dengan Makki (tangkisan) berturut-turut dan Chigi (menghantam dan atau menumbuk dan atau mnyabet/tebas dgn bagian tertentu), dan jireugi (pukulan) lanjutan. Penekanan diletakkan pada serangan balik terhadap lawan dengan menggunakan Chigi (tusukan). Geup kelas 6 diwajibkan menguasai poomsae ini.

Taegeuk 4
Taegeuk 4 Jang melambangkan "Jin", salah satu dari 8 tanda ramalan, yang mewakili kekuatan guntur melambangkan  "kebesaran/sesuatu yang luar biasa/hebat" dan martabat. Teknik baru tangkisan sonnal-momtong-Makki, pyon-son-Kkeut-jireugi, jebipoom-mok-Chigi, yop-chagi, momtong-bakkat-Makki, deung-jumeok-olgul-apchigi dan mikkeurombal [tergelincir kaki]. Berbagai gerakan dalam persiapan untuk Kyorugi (bertarung) dan banyak kuda-kuda dwit kubi adalah ciri taegeuk ini. Geup kelas 5 diwajibkan menguasai poomsae ini.


Taegeuk 5
Taegeuk 5 Jang melambangkan "Anak", salah satu dari 8 tanda ramalan, yang mewakili angin, yang berarti kekuatan besar yang baik dan ketenangan sesuai dengan kekuatan dan kelembutan. Gerakan baru dalam taegeuk 5 di antarnya me-jumeok-maeryo-Chigi, palkup-dollyo-Chigi, yop-chagi & yop-jireugi, palkup-pyo-Jeok-Chigi dan sikap seperti kkoa-seogi, wen-seogi dan oreun-seogi. Ciri yang lebih khusus lagi adalah adanya tangkisan beruntun seperti  Makki dan momtong-Makki dan juga Chigi dengan loncatan . Geup kelas 4 diwajibkan menguasai poomsae ini.

Taegeuk 6
Taegeuk 6 Jang melambangkan "Kam", salah satu dari 8 tanda ramalan, yang mewakili air, yang berarti aliran terus-menerus dan kelembutan. Gerakan baru dalam taegeuk 6 adalah sonal bitureo maki, dollyo-chagi, olgul-bakkat-Makki dan batang-son-momtong-Makki ditambahakan dalam pyonhi-seogi. Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa kita mesti berhati-hati untuk meletakkan pendaratan kaki di tanah dengan benar setelah dyollyo-chagi dan menurunkan posisi tangan sepanjang ukuran telapak tangan  pada saat melakukan gerakan batang-son- momtong-Makki atau posisi lebih rendah daripada  palmok-Makki. Geup kelas 3 diwajibkan menguasai poomsae ini.

Taegeuk 7
Taegeuk 7 Jang melambangkan "Kan", salah satu dari 8 tanda ramalan, yang mewakili gunung, yang berarti ketenangan dan ketegasan. Gerakan baru dalam taegeuk ini adalah sonnal-arae-makkki, batangson-kodureo-Makki, bo-jumeok-kawi-Makki, mureup-Chigi, momtong-hecho-Makki, jechin-du-jumeok-momtong-jireugi, otkoreo-arae-Makki, pyojeok -Chigi, yop-jireugi dan sikap seperti beom-seogi dan juchum-seogi. Kesinambungaan gerakan yang lancar dari gerakan ini penting untuk dilatih. Geup kelas 2 diwajibkan menguasai poomsae ini.

Taegeuk 8
Taegeuk 8 Jang melambangkan "Kon", salah satu dari 8 tanda ramalan, yang merupakan "Yin" dan bumi, yang berarti akar dan tempat manusia tinggal, serta awal dan akhir. Ini adalah yang terakhir dari 8 Taegeuk poomsaes, yang dapat memungkinkan peserta untuk naik ke tingkatan  Dan [sabuk hitam]. Gerakan baru DUBAL-dangsong-bakkat-palmok-momtong-kodureo-an-Makki, twio-chagi, dan palkup-dollyo-Chigi. Penekanan harus diletakkan pada keakuratan melangkah dan perbedaan antara melompat-terlebih pada tendangan DUBAL-dangsong [tendangan melompat di udara]. Geup kelas 1 diwajibkan menguasai poomsae ini.


hedewh...., lumayan pegel  juga ngetik baru separo ni...
break dulu sebentar ya Bro...,

ok Pemirsa.... jangan kemana-mana...
saya akan kembali setelah pesan bakso dua mangkok...
tetap di empaaaaaatttttt Bata....


Bersambung di sini
 




Artikel Terkait

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sedikit share ya:
1. taeguk 3 chigi dalam mok chigi bukan tusukan melainkan menebas dan atau sabetan. chigi= menghantam dan atau menumbuk dan atau mnyabet/tebas dgn bagian trtentu.
2. terjemahan "SON" yg di maksud bukan
ANAK mungkin yg dimaksud Tapak Tangan
3. taeguk 6 mungkin yg dimaksud sonal oulgol bakat maki lebih tepatnya sonal bitureo maki
4. taeguk 8 setelah dubal dangsang bukan kkoduro "BAKAT MAKI" mnangkis ke arah dalam) melainkan "AN MAKI" (menangkis ke arah luar)

JP mengatakan...

Lagi-lagi Terimakasih Master atas Koreksinya...
Mantap ...
memang perlu ketelitian tingkat tinggi...
Thx Master Anonim...

TERKINI



TINGGAL DI BALIKPAPAN???? INGIN LATIHAN PRIVAT TAEKWONDO???? HUBUNGI SAYA VIA FB, KLICK DI SINI