BELANJA PERALATAN DAN PERLENGKAPAN TAEKWONDO, KLIK DI SINI

Jumat, 14 Desember 2012

SEJARAH GUMSHIELD (PELINDUNG GIGI)

Pelindung gigi atau gum shield ditemukan oleh seorang dokter gigi yang juga penggemar tinju asal London, Jack Marles pada tahun 1902. 

Pada masa itu, pelindung gigi temuan drg. Marles hanya digunakan untuk mencegah luka di gusi atau mulut pada saat latihan. 

Petinju pertama yang tercatat menggunakan pelindung gigi dalam suatu pertandingan resmi adalah Ted "Kid" Lewis , petinju Inggris, juara dunia kelas welter tahun 1916-1918. Namun penggunaan pelindung gigi itu banyak mendapat tantangan dari berbagai pihak, termasuk pada tahun 1928, wasit memerintahkan untuk melepas pelindung gigi yang digunakan Lewis dan lawannya, Charley Bellanger. Lewis yang tidak setuju dengan keputusan wasit itu memutuskan mengundurkan diri, dan dinyatakan kalah diskualifikasi.


Sebelum pelindung gigi lazim dipakai dalam pertandingan tinju, banyak petinju masa itu yang menggunakan kulit jeruk di sela antara gusi dan bibir, sebagai peredam dan pencegah luka/pecahnya bibir akibat benturan dengan gigi saat wajahnya terkena hantaman pukulan lawan.


Seiring perkembangannya,
kini pelindung gigi juga menjadi perlengkapan wajib untuk para fighter dari berbagai cabang olahraga, termasuk di antaranya  karate, tarung derajat, dan juga Taekwondo...

Sudah barang tentu melindungi bagian tubuh yang rentan patah/pecah karena benturan atau pukulan/tendangan menjadi hal yang penting, kan gak lucu kalau abis bertanding trus jadi juara, tapi gigi abis alias ompong gara-gara gak pake pelindung gigi ya...

Ok, teman-teman fighter, di postingan kali ini sekalian numpang promosi, siapa tau ada yang lagi butuh informasi mau  beli gumshield atau pelindung bagian rawan pecah/patah yang lain..
lengkapnya bisa klick di sini..
thank you... 
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

TERKINI



TINGGAL DI BALIKPAPAN???? INGIN LATIHAN PRIVAT TAEKWONDO???? HUBUNGI SAYA VIA FB, KLICK DI SINI